PENGGUNAAN YOUTUBE
SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN EFEKTIF
1 Stefanus Michael, 2 Boullind
Powel, 3 Yudha Cahyo
Mukti, 4 Fransiscus
Fajar, 5 Julius natanael
Jurusan Sistem Informasi, School of Information System,
Universitas Bina Nusantara
Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27. Kebon Jeruk Jakarta Barat
115301 stefanusmichael@rocketmail.com, 2 boullind_gs@yahoo.com, 3 yudhacm@gmail.com, 4 franscubix@yahoo.com, 5 klixeer@yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan penulisan adalah untuk
mengetahui manfaat YouTube sebagai salah satu media sosial untuk metode
pembelajaran yang efektif. Latar belakang penulisan adalah karena mulai
banyaknya pengguna YouTube yang tidak hanya menggunakan YouTube untuk menonton
video hiburan seperti musik atau film saja, tetapi pengguna juga dapat mencari
video untuk tema pembelajaran yang dibutuhkan. Metodologi yang digunakan adalah
penelitian pustaka. Hasil yang penulis dapat adalah YouTube adalah media sosial
yang efektif untuk mendapatkan materi pembelajaran, pengunaan YouTube dapat
menjadi sarana pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Simpulan yang dapat
diambil adalah YouTube merupakan media sosial yang bersifat audio visual.
Sehingga pengguna dapat mencari video sesuai dengan tema pembelajarannya
melalui YouTube, cukup dengan menonton video dan dan mengikutinya user sudah
bisa memahami tema pembelajaran tersebut karena bantuan infromasi berupa video.
Kata
kunci: YouTube, pembelajaran, efektif, video.
ABSTRACT
The purpose of the paper
is to learn about one of the benefits of YouTube as a social media for
effective learning methods. The background writings of this theme is due to the
increased numbers of YouTube users that not only using YouTube to watch
entertaining videos such as music and movies, but also to explore videos for
the required learning themes. The methodology used in this paper
is literature research. It also discusses the usage of YouTube as a means of
effective and qualitative learning. The outcome that the author can conclude is
that YouTube is an effective social media to gather learning resources. The
conclusion that can be drawn is that YouTube is an audio-visual social media,
in which users can find videos that correspond to the learning themes through
YouTube. Just by watching and following the videos, users would be able to
comprehend the learning themes with the help of information in the form of videos.
Keywords: YouTube,
learning, effective, videos.
PENDAHULUAN
Tahun 2014 merupakan tahun dimana
sebuah teknologi terutama jaringan komunikasi internet sudah dikenal secara
luas hampir keseluruh benua dan kota kota besar di dunia.Perkembangan Teknologi
Informasi dan Komunikasi itulah yang membuat pula sebuah ilmu dapat dibagikan
dengan berbagai cara baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu bertemu
secara langsung atau bisa menggunakan media elektronik dan komunikasi yang
tersedia untuk berbagi ilmu. Penenelitian ini dimulai dengan judul: “Penggunaan
YouTube sebagai media pembelajaran efektif,” yang dimaksudkan untuk mengetahui dapatkah
pengguna atau User dapat menggunakan YouTube
untuk belajar secara efektif.
Tujuan penulisan adalah untuk
mengetahui manfaat media sosial YouTube sebagai salah satu metode pembelajaran
yang efektif. Masalah yang ada adalah seberapa efektifkah user melihat video pembelajaran yang ada di YouTube serta kemudahan
pengguna dalam mencari dan menyerap video pembelajaran tersebut. Untuk metode
secara tidak langsung, yaitu dengan menggunakan media biasanya sharing melalui
streaming video bisa lebih diandalkan.
Belajar adalah kegiatan untuk
memenuhi rasa keingintahuan atau curiosity
seseorang, dalam berbagai cara. Manusia memiliki indera yakni pengelihatan,
pendengaran, penciuman, merasakan dengan indra perasa maupun kulit. Terkadang
manusia membutuhkan sebuah pengalaman yang tidak langsung didapat cukup dengan
menggunakan salah satu indera tersebut seperti membaca ataupun mendengar saja.
Dibutuhkan sebuah teknik penerimaan pesan pembelajaran yang lebih dari itu.
Dalam sebuah film video terdapat gambar, suara serta cerita yang dapat membantu
menerima sebuah pembalajaran menjadi lebih baik.
YouTube adalah suatu situs sarana
yang bisa digunakan untuk sharing video berbasis internet, sehingga pengguna
yang ingin sharing video hanya perlu mengakses YouTube, menjadi anggota YouTube,
dan sharing video bisa dilakukan.
YouTube didirikan pada tanggal 14
februari 2005 oleh 3 orang yang sebelumnya merupakan mantan pegawai paypal
yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Awal berdiri YouTube didasarkan
pada ide Steve Chen yang bermula pada peristiwa dimana salah satu pendiri yaitu
Jawed Karim tidak datang dan tidak percaya bahwa ada pesta makan malam di
apartemen Steve Chen yang terletak di San Fransisco, sehingga Jawed meminta
bukti bahwa pesta tersebut memang benar terjadi dalam bentuk video, namun
Hurley dan Chen mengalami kesulitan dalam melakukannya dikarenakan mereka harus
terlebih dahulu merubah format rekaman video yang akan diunggah serta harus
menjadi anggota pada situs yang digunakan untuk mengunggah video tersebut.
Karena kendala seperti hal tersebut yang melandasi mereka untuk mendirikan YouTube.
Dalam perkembangannya YouTube
tidak hanya menjadi sarana streaming dan unggah video saja, penambahan sarana
dilakukan agar user dalam melakukan streaming video mengalami kenyamanan serta
kemudahan seperti kualitas gambar video bisa disesuaikan dengan kecepatan
internet. lalu fasilitas channel YouTube, yang memudahkan user untuk mencari
video yang dibutuhkan dengan memilih kategori channel yang ada, seperti jika user
ingin mencari video tentang review game terbaru, maka user dapat memilih channel
Gaming
untuk melihat video yang tersedia.
Sudah
diketahui bahwa media merupakan sebuah sarana atau perantara untuk menyampaikan
dan menerima pesan atau informasi. Kehidupan manusia tidak luput dari jangkauan
kehidupan sosial yang merupakan hubungan
atau interaksi antara manusia yang pasti terjadi. Perkembangan media sosial
yang merupakan sarana untuk manusia saling berinteraksi dan bertukar informasi
dimanapun mereka berada didalam dan menggunakan
jaringan internet.
METODE PENELITIAN
Metode yang di gunakan dalam
penulisan karya tulis ini adalah metode pustaka, karena pembahasan
mendeskripsikan mengenai tema yang dianalisis dengan bantuan penemuan dari
beberapa sumber pustaka. Landasan teori yang digunakan sebagai panduan dalam
penulisan agar sesuai dengan fakta yang ada. Data yang terkait dengan tema dikumpulkan
dan dianalisis dengan menggabungkan nya menjadi satu, lalu penulis menulis inti
yang telah penulis dapatkan dari semua data-data yang telah di analisis.
Dalam
karya tulis ini diambil data yang selanjutnya akan digunakan untuk sampel video
– video tutorial atau yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang ada didalam halaman
web YouTube, contohnya untuk mempelajari salah satu fitur dalam Adobe Photoshop, penulis dapat mengakses
video dengan judul berikut “Photoshop
tutorial - How to make banners and ribbon.” (link: http://www.YouTube.com/watch?v=xPRe1qkt268
). Dari hasil penemuan dan penelitian pustaka
tersebut didapatkanlah simpulan dalam karya ilmiah ini yang disajikan pada bab
terakhir.
HASIL DAN PEMBAHASAN
YouTube mempermudah para
penggunanya untuk mencari segala macam informasi berupa audio visual. Pengguna
dapat mengakses YouTube dimanapun mereka berada selama ada jaringan internet,
hanya dengan cara memasukkan kata kunci dalam kolom pencarian YouTube akan
menampilkan segala video yang berkaitan dengan kata kunci yang dituliskan
pengguna. Selain itu YouTube mempunya berbagai macam fitur, antara lain ada
fitur mengunduh, mengunggah, like, unlike, komen dan lain sebagainya. Pengguna
dapat mengunggah video yang mereka buat dan pengguna juga bisa mengunduh video
pengguna lain. Di semua video yang ada di YouTube pengguna dapat memberi
komentar dan memberi like atau unlike di video yang mereka lihat.
Gambar 1 Logo Youtube
Dalam
social networking YouTube berada di
peringkat dua, berikut ini adalah grafiknya yang dibuat oleh Marketing Chart
Staff pada tanggal 9 januari 2013
Gambar 2 TOP 10 Social Networking Website
(http://www.enterprisemedia.co/blog/bid/258346/Enhance-your-internet-presence-with-social-media)
Pengguna YouTube
sekarang tidak hanyak menggunakan YouTube
sebagai media untuk menonton video clip musik, film dan lain sebagainya.
Pengguna juga sering menggunakan YouTube sebagai media untuk mencari materi
pembelajaran ataupun tutorial pembelajaran. Salah satu contohnya adalah melihat
tutorial membuat aplikasi sederhana menggunakan C# (http://www.YouTube.com/watch?v=zch8vlX8YTw). Proses terjadinya
pengguna mendapatkan pembelajaran dari YouTube
sangatlah mudah, pengguna mencari apa yang akan di pelajari diYouTube lalu pengguna melihat dan
mempelajarinya, setelah itu pengguna meniru atau melatih apa yang sudah dilihat
dalam video tersebut.
YouTube menyediakan
berbagai channel untuk memudahkan user dalam menemukan video yang diperlukan.
Hingga saat ini channel YouTube berjumlah 18 channel, yaitu :
·
Featured, kategori video seperti wawancara dengan bintang
tamu untuk mendapatkan berita terbaru
yang terkait dengan bintang tamu atau menanyakan pendapat bintang tamu terhadap
suatu kejadian yang terjadi,
·
Music, kategori video seperti video
musik terbaru dari artis, juga para user yang menyalurkan bakat dalam bermain
musik,
·
Comedy, video seperti video user yang menyalurkan bakat dalam membuat lelucon
dan candaan mengenai sesautu,
·
Science & Education, yaitu penjelasan yang diberikan oleh para
ahli tentang fenomena alam dan sains dalam hidup user, serta penjelasan yang
diberikan untuk mengerti topik atau materi dalam hal pendidikan
·
Gaming, berisi tips untuk user dalam bermain game, seperti untuk menyelesaikan
suatu misi dalam game, dan tips agar memudahkan user dalam bermain suatu game,
·
Film & Entertainment, yaitu
berisi tentang ringkasan film terbaru, seperti cuplikan adegan pada film,
·
Beauty & Fashion, yaitu tips
perawatan kecantikan seperti bagaimana merias wajah serta tips dalam bergaya
seperti cara berpakaian,
·
Automotive, yaitu penjelasan mengenai
kendaraan terbaru yang diproduksi, spesifikasi kendaraan serta kemampuan yang
dimiliki kendaraan seperti kecepatan maksimal yang bisa dicapai suatu
kendaraan,
·
From TV, yaitu menampilkan siaran pada
televisi seperti episode pada siaran tv tersebut,
·
Top YouTube Collections, yaitu
topik – topik video dari para user yaitu video – video yang merupakan koleksi
teratas pada YouTube
·
Animation, yaitu hasil kreasi para user
yang menunjukan keahlian mereka dalam membuat video animasi seperti film pendek
animasi,
·
Sports, yaitu berita – berita terbaru
dalam dunia olahraga seperti para atlet, serta panduan dalam berolahraga
seperti melakukan aktivitas senam, balap, menembak, dan kegiata olahraga
lainnya,
·
How-to & DIY, yaitu tips
dan panduan yang diberikan baik dari para ahli dalam suatu bidang serta dari
para user memberikan panduan untuk melakukan suatu seperti merias wajah,
·
Tech, yaitu penjelasan dari para user tentang teknologi
terbaru yang ada, video promosi tentang hasil produksi teknologi terbaru, dan
tips dalam pengoperasian suatu alat,
·
Cooking & Health, yaitu seperti video resep membuat suatu makanan, dan
saran dari para ahli kesehatan untuk hidup sehat dan teratur,
·
Causing & Non-profits, yaitu seperti video yang bersifat ajakan untuk peduli
mengenai sesuatu seperti peduli lingkungan, serta penyebab suatu fenomena atau
kejadian bisa terjadi,
·
News & Politics, yaitu
berita dari berbagai belahan dunia, peristiwa yang terjadi seperti bencana alam
dan kriminalitas yang terjadi, serta politik yang terjadi seperti penetapan
aturan di suatu Negara,
·
Lifestyle, yaitu gaya hidup yang
dijalankani oleh selebriti.
Dalam pembelajaran menggunakan
fasilitas video terutama melalui YouTube terdapat beberapa peran penting dan
keuntungan antara lain:
1.
Untuk meningkatan motivasi dan minat
2.
Untuk meningkatkan aktivitas pengguna
3.
Untuk menambah pengertian nyata suatu informasi
4.
Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyampaian.
YouTube
merupakan wadah untuk mencari materi pembelajaran yang paling efektif dibanding
media social lain nya seperti facebook, twitter dan lain-lain nya, karena di YouTube
user merasakan pembelajaran seperti didalam kelas dan lebih banyak sumber nya,
contoh nya seperti user dapat mempelajari video-video yang diunggah oleh
pengguna dari berbagai macam Negara.
Berikut beberapa sampel video
tutorial atau pembelajaran yang dapat diakses melalui YouTube :
Judul
: Photoshop tutorial - How
to make banners and ribbon
Keterangan : Tutorial photoshop megenai pembuatan
banner and ribbon untuk website. Dipublikasikan tanggal 23 Febuari 2013 oleh Kevconcept
Judul
: Create a website with
PHP
Keterangan : Tutorial membuat website dengan
pemograman PHP .Dipublikasikan tanggal 4 Febuari 2013 oleh Michiel Wouters
Judul : how to make a house in google
sketchup
Keterangan : Tutorial membuat rumah pada google
sketchup .Dipublikasikan tanggal 12 Oktober 2009 oleh Livininfast4ward
Judul
: How to make an anime
movie
Keterangan :Tutorial membuat film animasi.
Dipublikasikan tanggal 8 Juni 2013 oleh Bloop
Animation
Judul
: Create UML Use case diagram
Keterangan : Tutorial membuat UML usecase diagram
pada Visio .Dipublikasikan tanggal 19 Oktober 2007 oleh NikiDevgood
Judul
: Create a simple java
program with using eclipse
Keterangan :Tutorial membuat java program dengan
menggunakan eclipse. Dipublikasikan tanggal 30 Juli 2012 oleh ericdolson82
Video dari contoh di atas
berisikan gambar dan suara narator yang bersifat naratif, disertai dengan
tampilan secara langsung akan materi yang hendak disampaikan oleh narasumber.
Berikut adalah contoh pembahasan Tutorial
membuat diagram Unified Modelling Language
atau UML
usecase diagram menggunakan Microsoft Visio . Video
yang dipublikasikan
pada tanggal
19 Oktober 2007 oleh NikiDevgood
Gambar 3 tampilan video yang sedang
berjalan
Gambar
diatas (gambar 3) menjelaskan dengan tampilan secara nyata berupa life recording atau rekaman aktifitas
yang dilakukan narasumber didalam komputer tersebut. Dapat dilihat pula bahwa
tampilan penjelasan sesuai dengan situasi yang akan dihadapi user dalam
menjalankan atau menggunakan program yang sama. Kesamaan ini terlihat membantu
karena umpan balik dari video ini cukup positif. (gambar 4).
Gambar 4 Umpan Balik Video
Instruksi-instruksi yang ditampilkan cukup detil dan bertahap
seperti pada gambar 5m terlihat
narasumber sedang menyatakan point-point serta perintah penting yang wajib
diketahui untuk membuat sebuah aktor dalam diagram UML yang dibahas.
Gambar 5 Penjelasan secara aktif
Video berdurasi
18 menit ini mendukung pembelajaran efektif yakni dibutuhkan sebuah konsentrasi
yang singkat, jelas, dan padat dalam memberikan pengarahan atau informasi agar
informasi tersebut dapat disampaikan dengan jelas hingga dapat dimengerti
dengan baik oleh koresponden video tutorial tersebut (JISC Digital Media team, 2014, p.
Video and lesson structuring)
Selain
komunikasi pasif Youtube juga memberikan sarana komunikasi aktif antar pengguna
dengan narasumber yakni dengan fitur diskusi terbuka dalam bentuk komentar
(gambar 6). Komentar – komentar yang diutarakan oleh pemirsa video baik berupa
umpan balik, pertanyaan balik, serta infromasi yang dibutuhkan hingga kritik
bagi narasumber untuk pengembangan video berikutnya. Komunikasi aktif ini
dinilai sangat baik dan menguntungkan baik bagi pada pengguna koresponden
maupun pengguna narasumber.
Gambar 6 Fitur Komentar Diskusi Terbuka
Dibandingkan
dengan komunikasi dua arah antara narasumber fitur komentar diskusi terbuka
diyakini memberikan kemudahan bagi pengguna lainnya untuk menemukan infromasi
yang dibutuhkan tanpa harus menanyakan hal yang sama kepada narasumber,
begitupula dengan narasumber. Mereka menjadi lebih mudah untuk memberikan
informasi yang kurang jelas dengan berkomentar kembali dalam komentar tersebut.
Fitur
lainnya yang disediakan oleh YouTube yaitu Related
Videos dimana pada sisi sebelah kanan halaman website diberikan umpan video
terkait yang bersangkutan dengan topik video yang dicari atau dibutuhkan
koresponden. (Gambar 7)
|
Gambar 7 Umpan Pautan terkait
|
SIMPULAN
Simpulan yang dapat diambil
adalah YouTube merupakan media sosial yang efisien dalam mencari tema
pembelajaran. Dikatakan efisien karena melalui YouTube, pembelajaran dan media
yang ditampilkan berupa gabungan antara audio dan visual (video) yang memudahkan
pengguna dalam melakukan pembelajaran akan suatu topik yang dicari. YouTube
juga tidak mengenakan biaya dari pengguna dalam pencarian video untuk
pembelajaran pengguna.
Tingkat keberhasilan pembelajaran
yang didapatkan pengguna melalui YouTube ditentukan oleh kemampuan pengguna
dalam menerima informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan
melalui video tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
JISC Digital Media team. (2014). GUIDE PAGE - Using Video in Teaching
and Learning. Retrieved Februari 2, 2014, from JISC DIGITAL MEDIA:
http://www.jiscdigitalmedia.ac.uk/guide/using-video-in-teaching-and-learning
Buckingham Shum, S., & Ferguson, R. (2012).
Social Learning Analytics. Educational Technology & Society, 15
(3), 3–26.
Laquita
Kuppens. (2013). Enhance your internet presence with social media.
diakses 28 februari
2014 dari http://www.enterprisemedia.co/blog/bid/258346/Enhance-your-internet-presence-with-social-media
Tuan
Guru. (2012). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan
Minat Belajar Siswa. diakses 28 februari 2014 dari http://www.tuanguru.com/2012/03/pemanfaatan-video-sebagai-media-pembelajaran.html
Image Source by Youtube.com Screenshots and YouTube Logo.
Dipublikasikan sebagai salah satu syarat kelulusan pendidikan topik topik lanjutan Mata Kuliah Sistem Informasi jenjang Strata-1 Bina Nusantara University Jakarta.
Fransiscus Fajar - Fcc Computer Jakarta
information and costumer services email to: contact@franscubix.com







Tidak ada komentar:
Posting Komentar