Jumat, 11 April 2014

Paper Fransiscus Fajar 1501154251

PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN EFEKTIF
1 Stefanus Michael, 2 Boullind Powel, 3 Yudha Cahyo Mukti, 4 Fransiscus Fajar, 5 Julius natanael
Jurusan Sistem Informasi, School of Information System, Universitas Bina Nusantara
Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27. Kebon Jeruk Jakarta Barat 11530
1 stefanusmichael@rocketmail.com, 2 boullind_gs@yahoo.com, 3 yudhacm@gmail.com, 4 franscubix@yahoo.com, 5 klixeer@yahoo.com

ABSTRAK


            Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui manfaat YouTube sebagai salah satu media sosial untuk metode pembelajaran yang efektif. Latar belakang penulisan adalah karena mulai banyaknya pengguna YouTube yang tidak hanya menggunakan YouTube untuk menonton video hiburan seperti musik atau film saja, tetapi pengguna juga dapat mencari video untuk tema pembelajaran yang dibutuhkan. Metodologi yang digunakan adalah penelitian pustaka. Hasil yang penulis dapat adalah YouTube adalah media sosial yang efektif untuk mendapatkan materi pembelajaran, pengunaan YouTube dapat menjadi sarana pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Simpulan yang dapat diambil adalah YouTube merupakan media sosial yang bersifat audio visual. Sehingga pengguna dapat mencari video sesuai dengan tema pembelajarannya melalui YouTube, cukup dengan menonton video dan dan mengikutinya user sudah bisa memahami tema pembelajaran tersebut karena bantuan infromasi berupa video.

Kata kunci: YouTube, pembelajaran, efektif, video.


ABSTRACT

            The purpose of the paper is to learn about one of the benefits of YouTube as a social media for effective learning methods. The background writings of this theme is due to the increased numbers of YouTube users that not only using YouTube to watch entertaining videos such as music and movies, but also to explore videos for the required learning themes. The methodology used in this paper is literature research. It also discusses the usage of YouTube as a means of effective and qualitative learning. The outcome that the author can conclude is that YouTube is an effective social media to gather learning resources. The conclusion that can be drawn is that YouTube is an audio-visual social media, in which users can find videos that correspond to the learning themes through YouTube. Just by watching and following the videos, users would be able to comprehend the learning themes with the help of information in the form of videos.


Keywords: YouTube, learning, effective, videos.



PENDAHULUAN

Tahun 2014 merupakan tahun dimana sebuah teknologi terutama jaringan komunikasi internet sudah dikenal secara luas hampir keseluruh benua dan kota kota besar di dunia.Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi itulah yang membuat pula sebuah ilmu dapat dibagikan dengan berbagai cara baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu bertemu secara langsung atau bisa menggunakan media elektronik dan komunikasi yang tersedia untuk berbagi ilmu. Penenelitian ini dimulai dengan judul: “Penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran efektif,” yang dimaksudkan untuk mengetahui dapatkah pengguna atau User dapat menggunakan YouTube untuk belajar secara efektif.
Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui manfaat media sosial YouTube sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif. Masalah yang ada adalah seberapa efektifkah user melihat video pembelajaran yang ada di YouTube serta kemudahan pengguna dalam mencari dan menyerap video pembelajaran tersebut. Untuk metode secara tidak langsung, yaitu dengan menggunakan media biasanya sharing melalui streaming video bisa lebih diandalkan.    
Belajar adalah kegiatan untuk memenuhi rasa keingintahuan atau curiosity seseorang, dalam berbagai cara. Manusia memiliki indera yakni pengelihatan, pendengaran, penciuman, merasakan dengan indra perasa maupun kulit. Terkadang manusia membutuhkan sebuah pengalaman yang tidak langsung didapat cukup dengan menggunakan salah satu indera tersebut seperti membaca ataupun mendengar saja. Dibutuhkan sebuah teknik penerimaan pesan pembelajaran yang lebih dari itu. Dalam sebuah film video terdapat gambar, suara serta cerita yang dapat membantu menerima sebuah pembalajaran menjadi lebih baik.
YouTube adalah suatu situs sarana yang bisa digunakan untuk sharing video berbasis internet, sehingga pengguna yang ingin sharing video hanya perlu mengakses YouTube, menjadi anggota YouTube, dan sharing video bisa dilakukan.
YouTube didirikan pada tanggal 14 februari 2005 oleh 3 orang yang sebelumnya merupakan mantan pegawai paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Awal berdiri YouTube didasarkan pada ide Steve Chen yang bermula pada peristiwa dimana salah satu pendiri yaitu Jawed Karim tidak datang dan tidak percaya bahwa ada pesta makan malam di apartemen Steve Chen yang terletak di San Fransisco, sehingga Jawed meminta bukti bahwa pesta tersebut memang benar terjadi dalam bentuk video, namun Hurley dan Chen mengalami kesulitan dalam melakukannya dikarenakan mereka harus terlebih dahulu merubah format rekaman video yang akan diunggah serta harus menjadi anggota pada situs yang digunakan untuk mengunggah video tersebut. Karena kendala seperti hal tersebut yang melandasi mereka untuk mendirikan YouTube.
Dalam perkembangannya YouTube tidak hanya menjadi sarana streaming dan unggah video saja, penambahan sarana dilakukan agar user dalam melakukan streaming video mengalami kenyamanan serta kemudahan seperti kualitas gambar video bisa disesuaikan dengan kecepatan internet. lalu fasilitas channel YouTube, yang memudahkan user untuk mencari video yang dibutuhkan dengan memilih kategori channel yang ada, seperti jika user ingin mencari video tentang review game terbaru, maka user dapat memilih channel Gaming untuk melihat video yang tersedia.
Sudah diketahui bahwa media merupakan sebuah sarana atau perantara untuk menyampaikan dan menerima pesan atau informasi. Kehidupan manusia tidak luput dari jangkauan kehidupan sosial  yang merupakan hubungan atau interaksi antara manusia yang pasti terjadi. Perkembangan media sosial yang merupakan sarana untuk manusia saling berinteraksi dan bertukar informasi dimanapun mereka berada didalam dan  menggunakan jaringan internet.

METODE PENELITIAN

            Metode yang di gunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah metode pustaka, karena pembahasan mendeskripsikan mengenai tema yang dianalisis dengan bantuan penemuan dari beberapa sumber pustaka. Landasan teori yang digunakan sebagai panduan dalam penulisan agar sesuai dengan fakta yang ada. Data yang terkait dengan tema dikumpulkan dan dianalisis dengan menggabungkan nya menjadi satu, lalu penulis menulis inti yang telah penulis dapatkan dari semua data-data yang telah di analisis.

            Dalam karya tulis ini diambil data yang selanjutnya akan digunakan untuk sampel video – video tutorial atau yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang ada didalam halaman web YouTube, contohnya untuk mempelajari salah satu fitur dalam Adobe Photoshop, penulis dapat mengakses video dengan judul berikut “Photoshop tutorial - How to make banners and ribbon.” (link: http://www.YouTube.com/watch?v=xPRe1qkt268 ).  Dari hasil penemuan dan penelitian pustaka tersebut didapatkanlah simpulan dalam karya ilmiah ini yang disajikan pada bab terakhir.

HASIL DAN PEMBAHASAN

YouTube mempermudah para penggunanya untuk mencari segala macam informasi berupa audio visual. Pengguna dapat mengakses YouTube dimanapun mereka berada selama ada jaringan internet, hanya dengan cara memasukkan kata kunci dalam kolom pencarian YouTube akan menampilkan segala video yang berkaitan dengan kata kunci yang dituliskan pengguna. Selain itu YouTube mempunya berbagai macam fitur, antara lain ada fitur mengunduh, mengunggah, like, unlike, komen dan lain sebagainya. Pengguna dapat mengunggah video yang mereka buat dan pengguna juga bisa mengunduh video pengguna lain. Di semua video yang ada di YouTube pengguna dapat memberi komentar dan memberi like atau unlike di video yang mereka lihat.

Gambar  1 Logo Youtube
 Dalam social networking YouTube berada di peringkat dua, berikut ini adalah grafiknya yang dibuat oleh Marketing Chart Staff pada tanggal 9 januari 2013

Gambar  2 TOP 10 Social Networking Website (http://www.enterprisemedia.co/blog/bid/258346/Enhance-your-internet-presence-with-social-media)
Pengguna YouTube sekarang tidak hanyak menggunakan YouTube sebagai media untuk menonton video clip musik, film dan lain sebagainya. Pengguna juga sering menggunakan YouTube sebagai media untuk mencari materi pembelajaran ataupun tutorial pembelajaran. Salah satu contohnya adalah melihat tutorial membuat aplikasi sederhana menggunakan C# (http://www.YouTube.com/watch?v=zch8vlX8YTw). Proses terjadinya pengguna mendapatkan pembelajaran dari YouTube sangatlah mudah, pengguna mencari apa yang akan di pelajari  diYouTube lalu pengguna melihat dan mempelajarinya, setelah itu pengguna meniru atau melatih apa yang sudah dilihat dalam video tersebut.
YouTube menyediakan berbagai channel untuk memudahkan user dalam menemukan video yang diperlukan. Hingga saat ini channel YouTube berjumlah 18 channel, yaitu :
·         Featured, kategori video seperti wawancara dengan bintang tamu  untuk mendapatkan berita terbaru yang terkait dengan bintang tamu atau menanyakan pendapat bintang tamu terhadap suatu kejadian yang terjadi,

·         Music, kategori video seperti video musik terbaru dari artis, juga para user yang menyalurkan bakat dalam bermain musik, 

·         Comedy, video seperti video user  yang menyalurkan bakat dalam membuat lelucon dan candaan mengenai sesautu,
·         Science & Education,  yaitu penjelasan yang diberikan oleh para ahli tentang fenomena alam dan sains dalam hidup user, serta penjelasan yang diberikan untuk mengerti topik atau materi dalam hal pendidikan 

·         Gaming, berisi tips untuk user dalam bermain game, seperti untuk menyelesaikan suatu misi dalam game, dan tips agar memudahkan user dalam bermain suatu game,

·         Film & Entertainment, yaitu berisi tentang ringkasan film terbaru, seperti cuplikan adegan pada film,

·         Beauty & Fashion, yaitu tips perawatan kecantikan seperti bagaimana merias wajah serta tips dalam bergaya seperti cara berpakaian,

·         Automotive, yaitu penjelasan mengenai kendaraan terbaru yang diproduksi, spesifikasi kendaraan serta kemampuan yang dimiliki kendaraan seperti kecepatan maksimal yang bisa dicapai suatu kendaraan, 

·         From TV, yaitu menampilkan siaran pada televisi seperti episode pada siaran tv tersebut,    

·         Top YouTube Collections, yaitu topik – topik video dari para user yaitu video – video yang merupakan koleksi teratas pada YouTube  

·         Animation, yaitu hasil kreasi para user yang menunjukan keahlian mereka dalam membuat video animasi seperti film pendek animasi,

·         Sports, yaitu berita – berita terbaru dalam dunia olahraga seperti para atlet, serta panduan dalam berolahraga seperti melakukan aktivitas senam, balap, menembak, dan kegiata olahraga lainnya,

·         How-to & DIY, yaitu tips dan panduan yang diberikan baik dari para ahli dalam suatu bidang serta dari para user memberikan panduan untuk melakukan suatu seperti merias wajah,

·         Tech, yaitu penjelasan dari para user tentang teknologi terbaru yang ada, video promosi tentang hasil produksi teknologi terbaru, dan tips dalam pengoperasian suatu alat,

·         Cooking & Health, yaitu seperti video resep membuat suatu makanan, dan saran dari para ahli kesehatan untuk hidup sehat dan teratur,

·         Causing & Non-profits, yaitu seperti video yang bersifat ajakan untuk peduli mengenai sesuatu seperti peduli lingkungan, serta penyebab suatu fenomena atau kejadian bisa terjadi,

·         News & Politics, yaitu berita dari berbagai belahan dunia, peristiwa yang terjadi seperti bencana alam dan kriminalitas yang terjadi, serta politik yang terjadi seperti penetapan aturan di suatu Negara,
·         Lifestyle, yaitu gaya hidup yang dijalankani oleh selebriti.
Dalam pembelajaran menggunakan fasilitas video terutama melalui YouTube terdapat beberapa peran penting dan keuntungan antara lain:
1.       Untuk meningkatan motivasi dan minat
2.       Untuk meningkatkan aktivitas pengguna
3.       Untuk menambah pengertian nyata suatu informasi
4.       Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyampaian.

YouTube merupakan wadah untuk mencari materi pembelajaran yang paling efektif dibanding media social lain nya seperti facebook, twitter dan lain-lain nya, karena di YouTube user merasakan pembelajaran seperti didalam kelas dan lebih banyak sumber nya, contoh nya seperti user dapat mempelajari video-video yang diunggah oleh pengguna dari berbagai macam Negara.
Berikut beberapa sampel video tutorial atau pembelajaran yang dapat diakses melalui YouTube :
Judul                 : Photoshop tutorial - How to make banners and ribbon
Link                  :  http://www.YouTube.com/watch?v=xPRe1qkt268
Keterangan       : Tutorial photoshop megenai pembuatan banner and ribbon untuk website. Dipublikasikan tanggal 23 Febuari 2013 oleh Kevconcept
Judul                 : Create a website with PHP
Link                  : http://www.YouTube.com/watch?v=SSA0atvePSI
Keterangan       : Tutorial membuat website dengan pemograman PHP .Dipublikasikan tanggal 4 Febuari 2013 oleh Michiel Wouters
Judul                 : how to make a house in google sketchup
Link                  : http://www.YouTube.com/watch?v=2WxeIpsxvDY
Keterangan       : Tutorial membuat rumah pada google sketchup .Dipublikasikan tanggal 12 Oktober 2009 oleh Livininfast4ward
Judul                 : How to make an anime movie
Link                  : http://www.YouTube.com/watch?v=rJaN643ri7s
Keterangan       :Tutorial membuat film animasi. Dipublikasikan tanggal 8 Juni 2013 oleh Bloop Animation
Judul                 : Create UML Use case  diagram
Link                  : http://www.YouTube.com/watch?v=2yoahl1Hf5U
Keterangan       : Tutorial membuat UML usecase diagram pada Visio .Dipublikasikan tanggal 19 Oktober 2007 oleh NikiDevgood
Judul                 : Create a simple java program with using eclipse
Link                  : http://www.YouTube.com/watch?v=lXVE34i-QMc
Keterangan      :Tutorial membuat java program dengan menggunakan eclipse. Dipublikasikan tanggal 30 Juli 2012 oleh ericdolson82
            Video dari contoh di atas berisikan gambar dan suara narator yang bersifat naratif, disertai dengan tampilan secara langsung akan materi yang hendak disampaikan oleh narasumber. Berikut adalah contoh pembahasan Tutorial membuat diagram Unified Modelling Language atau UML usecase diagram menggunakan Microsoft Visio . Video yang dipublikasikan pada tanggal 19 Oktober 2007 oleh NikiDevgood


Gambar  3 tampilan video yang sedang berjalan

            Gambar diatas (gambar 3) menjelaskan dengan tampilan secara nyata berupa life recording atau rekaman aktifitas yang dilakukan narasumber didalam komputer tersebut. Dapat dilihat pula bahwa tampilan penjelasan sesuai dengan situasi yang akan dihadapi user dalam menjalankan atau menggunakan program yang sama. Kesamaan ini terlihat membantu karena umpan balik dari video ini cukup positif. (gambar 4).


Gambar  4 Umpan Balik Video
           
Instruksi-instruksi yang ditampilkan cukup detil dan bertahap seperti pada  gambar 5m terlihat narasumber sedang menyatakan point-point serta perintah penting yang wajib diketahui untuk membuat sebuah aktor dalam diagram UML yang dibahas.


Gambar  5 Penjelasan secara aktif

Video berdurasi 18 menit ini mendukung pembelajaran efektif yakni dibutuhkan sebuah konsentrasi yang singkat, jelas, dan padat dalam memberikan pengarahan atau informasi agar informasi tersebut dapat disampaikan dengan jelas hingga dapat dimengerti dengan baik oleh koresponden video tutorial tersebut (JISC Digital Media team, 2014, p. Video and lesson structuring)

            Selain komunikasi pasif Youtube juga memberikan sarana komunikasi aktif antar pengguna dengan narasumber yakni dengan fitur diskusi terbuka dalam bentuk komentar (gambar 6). Komentar – komentar yang diutarakan oleh pemirsa video baik berupa umpan balik, pertanyaan balik, serta infromasi yang dibutuhkan hingga kritik bagi narasumber untuk pengembangan video berikutnya. Komunikasi aktif ini dinilai sangat baik dan menguntungkan baik bagi pada pengguna koresponden maupun pengguna narasumber.
           
Gambar  6 Fitur Komentar Diskusi Terbuka
Dibandingkan dengan komunikasi dua arah antara narasumber fitur komentar diskusi terbuka diyakini memberikan kemudahan bagi pengguna lainnya untuk menemukan infromasi yang dibutuhkan tanpa harus menanyakan hal yang sama kepada narasumber, begitupula dengan narasumber. Mereka menjadi lebih mudah untuk memberikan informasi yang kurang jelas dengan berkomentar kembali dalam komentar tersebut.
Fitur lainnya yang disediakan oleh YouTube yaitu Related Videos dimana pada sisi sebelah kanan halaman website diberikan umpan video terkait yang bersangkutan dengan topik video yang dicari atau dibutuhkan koresponden. (Gambar 7)



Gambar  7 Umpan Pautan terkait




SIMPULAN

Simpulan yang dapat diambil adalah YouTube merupakan media sosial yang efisien dalam mencari tema pembelajaran. Dikatakan efisien karena melalui YouTube, pembelajaran dan media yang ditampilkan berupa gabungan antara audio dan visual (video) yang memudahkan pengguna dalam melakukan pembelajaran akan suatu topik yang dicari. YouTube juga tidak mengenakan biaya dari pengguna dalam pencarian video untuk pembelajaran pengguna.
Tingkat keberhasilan pembelajaran yang didapatkan pengguna melalui YouTube ditentukan oleh kemampuan pengguna dalam menerima informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan melalui video tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

 

JISC Digital Media team. (2014). GUIDE PAGE - Using Video in Teaching and Learning. Retrieved Februari 2, 2014, from JISC DIGITAL MEDIA: http://www.jiscdigitalmedia.ac.uk/guide/using-video-in-teaching-and-learning
Buckingham Shum, S., & Ferguson, R. (2012). Social Learning Analytics. Educational Technology & Society, 15 (3), 3–26.
Laquita Kuppens. (2013). Enhance your internet presence with social media.

Tuan Guru. (2012). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. diakses 28 februari 2014 dari http://www.tuanguru.com/2012/03/pemanfaatan-video-sebagai-media-pembelajaran.html

 Image Source by Youtube.com Screenshots and YouTube Logo.
  

Dipublikasikan sebagai salah satu syarat kelulusan pendidikan topik topik lanjutan Mata Kuliah Sistem Informasi jenjang Strata-1 Bina Nusantara University Jakarta.
Fransiscus Fajar - Fcc Computer Jakarta
information and costumer services email to: contact@franscubix.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar